Senin, 12 April 2010

Pengertian Ergonomi

Istilah ergonomi berasal dari bahasa latin yaitu ERGO (kerja) dan NOMOS (hukum alam) dan dapat didefinisikan sebagai study tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi industri, manajemen dan disain atau perancangan (Nurmianto, 2004).
Ergonomi dapat dikatakan pula sebagai suatu cabang ilmu yang sistematis untuk pemanfaatkan informasi-informasimengenai sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia untuk merancang suatu system kerja sehingga orang dapat hidup dan bekerja pada sistem tersebut dengan baik, yaitu mencapai tujuan yang diinginkan melalui pekerjaan itu, dengan efektif, aman dan nyaman (sutalaksana, 2005).
Ergonomi merupakan suatu ilmu, seni, dan teknologi yang berupaya untuk menyerasikan alat, cara dan lingkungan kerja terhadap kemampua, kebolehan dan segala keterbatasan manusia sehinhgga manusia dapat bekarya secara oprimal tanpa pengaruh buruk dari pekerjaannya ( Mnuaba, 2004).
Ergonomi berkenan pula dengan optimasi, efesiansi, kesehatan, keselamatan dan kenyamanan manusia di tempat kerja, di rumah, dan tempat rekreasi. Didalam ergonomi dibutuhkan study tentang system dimana manusia, fasilitas kerja dan lingkungannya saling berinteraksi dengan tujuan utama yaitu menyesuaikan suasana kerja dengan manusianya. Ergonomi disebut juga sebgai “Faktor Manusia”. Ergonomi disebut juga digunakan oleh berbagai macam ahli pada bidangnya, misalnya ahli anatomi, arsitektur, perancangan produk industri, fisika, fisioterapi, terapi pekerjaan, fisikologi, dan teknik industri (definisi di atas berdasarakan Asiosasi Ergonomi Internasional).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar